Selamat pagi semua, salam olahraga, hari ini saya posting silabus pembelajaran sebagai acuan guru/pengajar untuk mengajarkan pjok di satuan pendidikan setingkat smp/mts.. dan acuan pembuatan RPP yang jadi kewajiban guru supaya mengajarnya lebih efektif dan terarah, semoga postingan ini bisa membantu meningkatkan KBM rekan-rekan guru/ pengajar lainnya menjadi lebih bersemangat.. terima kasih telah berkenan membaca .
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi* |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
1.1 Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olah raga bola besar beregu lanjutan serta nilai kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian **)
|
Sepak Bola
Bola Voli
Bola Basket
|
· Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
· Passing atas dan bawah dalam bola voli secara berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
· Passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala) secara berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk siksp menghargai lawan |
Ps Aspek Psikomotor · Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki Aspek Afektif · Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
Psi Aspek Psikomotor · Melakukan passing atas dan bawah bolavoli · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk passing atas dan bawah pada permainan bola voli Aspek Afektif · Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
Psi Aspek Psikomotor · Melakukan passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala) · Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala) Aspek Afektif · Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
|
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
observasi
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi |
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi |
· Lakukan teknik dasar mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam !
· Apa yang membedakan antara menggiring dan mengumpan bola dengan kaki bagian dalam !
· Lakukan bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi !
· Lakukan teknik dasar passing passing atas dan bawah bolavoli !
· Posisi kedua lengan saat passing atas, adalah .... a. diluruskan dan rapat b. ditekuk dan rapat c. disilang dan rapat d. diduluskan dan dibuka
· Melakukan kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
· Lakukan teknik dasar passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala) !
· Posisi kedua lengan setelah melakukan passing bola basket, adalah .... a. diluruskan ke depan b. ditekuk di depan badan c. disilang di depan badan d. diduluskan ke samping
· Melakukan kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
|
3x2x40 menit
3x2x40 menit
3x2x40 menit |
Buku teks, Buku refernsi, bola kaki, lapangan sepakbola
Buku teks, Buku refernsi, Bolavoli,net, lapangan bolavoli
Buku teks, Buku refernsi, Bolabasket, lapangan bolabasket |
1.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olah raga bola kecil beregu dan perorangan, serta nilai kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan **)
|
Bulu Tangkis
Tenis Meja
Tennis
Soft Ball
|
·Memegang raket, pukulan servis danpukulan forehand, berpasangan atau kelompok · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama dan toleransi
· Memegang bat,pukulan servis, dan pukulan forehand,berpas angan atau kelompok · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama dan toleransi
· Memegang raket dan pukulan forehand, berpasangan atau-kelompok · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama
· Menangkap dan melempar bola,berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian dan percaya diri
|
Psi Psi Aspek Psikomotor · Memegang raket untuk servis dan pukulan forehand · Bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk memegang raket, pukulan servis danpukulan forehand, Aspek Afektif · Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
Aspek Psikomotor · Memgang bat untuk servis dan pukulan forehand · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk memegang bat,pukulan servis, dan pukulan forehand Aspek Afektif · Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
Aspek Psikomotor · Memegang raket dan pukulan forehand · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk memegang raket dan pukulan forehand Aspek Afektif · Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
Aspek Psikomotor · Menangkap dan melempar bola (datar, lambung, mengulir) · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk menangkap dan melempar bola Aspek Afektif · Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan |
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi |
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi |
Lakukan teknik dasar memegang raket, servis, dan pukulan forehand
Bentuk gerakan tangan saat melakukan servis forehand, adalah ...
Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
Lakukan teknik dasar memgang bat untuk servis dan pukulan forehand
Bentuk gerakan tangan saat melakukan servis forehand, adalah ...
Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
Lakukan teknik dasar memegang raket, pukulan forehand !
Bentuk gerakan tangan saat melakukan servis forehand, adalah ...
Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
Lakukan teknik dasar menangkap dan melempar bola (datar, lambung, mengulir) !
Posisi lutut saat menangkap bola bergulir di tanah, adalah... a. direndahkan b. diluruskan c. disilangkan d. diputar
Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan |
2x2x40 menit
2x2x40 menit
2x2x40 menit
2x2x40 menit
|
Buku teks, buku refernsi,bulu-tangkis, net, raket, sutlecokc, lapangan bulutangkis.
Buku teks, buku refernsi, bad, bola pingpong, meja pingpong, net
Buku teks, buku refernsi, raket tenis, bola tenis, net, lapangan tenis
Buku teks, buku refernsi, stick, bola softball, glove |
1.3 Mempraktikkan teknik dasar perorangan atletik, serta nilai disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran **)
|
Lari Jarak Pendek 50M
Lompat Jauh Gaya Jongkok
Tolak Peluru Awalan Menyam ping
|
· Berlari dengan menekankan pa da gerakan kaki, lengan, posisi badan dan pendaratan telapak kaki
· Lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
· Menolak tanpa awalan, posisi di udara dan mendarat · Lomba lompat jauh dengan per-aturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya diri dan keberanian
· Posisi awalan, memegang dan menolak peluru · Lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi un- tuk menanamkan sikap menjaga keselamatan diri dan orang lain
|
Aspek Psikomotor · Melakukan teknik lari (gerakan kaki, lengan, posisis badan, pendaratan telapak kaki) · Lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk teknik gerakan kaki, lengan, posisi badan dan pendaratan telapak kaki pada lari jarak pendek Aspek Afektif · Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran
Aspek Psikomotor · Melakukan teknik dasar menolak tanpa awalan, di udara, mendarat · Melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar menolak tanpa awalan, di udara, mendarat
Aspek Afektif · Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran
P Aspek Psikomotor · Melakukan posisi awalan · Melakukan teknik dasar memegang peluru dan menolak · Melakukan lomba menolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar awalan, memegang peluru dan menolak Aspek Afektif · Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran
|
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar lari jarak 50 m !
Posisi badan yang benar saat lari jarak pendek, adalah... a. agak condong ke depan b. ditegakkan c. agak miring ke samping d. agak melenting ke belakang
Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran
Lakukan teknik dasar lompat jauh gay jongkok !
Posisi badan yang benar saat di udara , adalah... a.jongkok b. melenting c.membulat d. lurus
Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran
Lakukan teknik dasar tolak peluru awalan menyamping !
Posisi badan yang benar saat awalan menolak peluru gaya menyamping , adalah...
Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran
|
2x2x40 menit
2x2x40 menit
2x2x40 menit |
Buku teks, buku refernsi, lapangan, start block, bendera, stop watch
Buku teks, buku refernsi, bak lompat, bendera
Buku teks, buku refernsi, peluru, lapangan, tali
|
1.4 Memptraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olah raga perorangan beladiri lanjutan serta nilai kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan **)
|
Pencak Silat
Karate
Judo
|
· Melakukan dasar kuda-kuda,dan teknik dasar langkah · Merangkai teknik dasar kuda kuda dan langkah berpasang- an untuk menanamkan nilai keberanian dan menghormati lawan
· Melakukan teknik dasar kuda-kuda,dan teknik dasar langkah · Merangkai teknik dasar kuda kuda dan langkah berpasangan untuk menanamkan nilai ke- beranian dan menghormati law-an
· Melakukan teknik dasar langkah dan jatuhan
· Merangkai teknik langkah dan jatuhan untuk menanamkan ni- lai keberanian dan menghormati lawan |
Aspek Psikomotor · Melakukan teknik dasar kuda-kuda · Melakukan teknik dasar langkah · Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar kuda-kuda dan langkah Aspek Afektif · Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan
Aspek Psikomotor · Melakukan teknik dasar kuda-kuda dan langkah · Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar kuda-kuda dan langkah Aspek Afektif · Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan
Aspek Psikomotor · Melakukan teknik dasar langkah dan jatuhan · Merangkai teknik dasar langkah dan jatuhan
Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar langkah dan jatuhan Aspek Afektif · Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan
|
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi rvasi |
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi |
Lakukan teknik dasar kuda-kuda ,langkah, dan gerak rangkai !
Posisi lutut kaki depan saat melakukan kuda-kuda adalah ...
Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan
Lakukan teknik dasar kuda- kuda,langkah, dan gerak rangkai !
Posisi lutut kaki depan saat melakukan kuda-kuda adalah ...
Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan
Lakukan teknik dasar langkah, jatuhan, dan gerak rakrangkai !
Tumpuan yang benar saat melakukan teknik jatuhan ke depan, adalah ...
Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan
|
2x2x40
2x2x40 menit
2x2x40 menit |
Buku teks, buku refernsi, lapangan , pelindung badan, matras
Buku teks, buku refernsi, lapangan , pelindung badan, matras
Buku teks, buku refernsi, lapangan, pelindung badan, matras
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) |
Mengetahui, Kepala SMP/MTS ……………
(__________________________) NIP/NIK : .............................. |
|
…..,………………… 20 ……. Guru Mapel PJOK.
(_______________________) NIP/NIK : .............................. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi* |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
2.1. Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan day atahan otot serta nilai disiplin dan tanggungjawab
2.2. Mempraktikkan latihan daya tahan jantung dan paru-paru, serta nilai disiplin dan tanggungjawab
|
Kebugaran Jasma ni |
· Latihan kekuatan dan daya tahan oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penana- man disiplin dan tanggung jawab · Latihan kekuatan dan daya tahan oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penenaman nilai keberanian dan tanggung jawab
· Latihan lari jarak menengah atau lari 12 menit dan untuk menanamkan nilai disiplin dan tang gung jawab
|
Aspek Psikomotor · Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki · Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk-bentuk latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki, lengan, bahu dan dada Aspek Afektif · Disiplin dan tanggungjawab
Aspek Psikomotor · Melakukan bentuk latihan kebugaran jasmani dengan lari jarak menengah atau lari 12 menit Aspek Kognitif · Mengetahui fungsi dan tujuan tes lari 12 menit Aspek Afektif · Disiplin dan tanggungjawab
|
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi rvasi
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi |
Lakukan bentuk latihan kekuatan, daya tahan otot lengan dan kaki
Bentuk gerakan naik turun bangku merupakan bentuk latihan ....
Disiplin dan tanggungjawab
Lakukan tes kesegaran jasmani (TKJI) !
Apa tujuan dan maksud dari tes lari 12 menit ?
Disiplin dan tanggungjawab
|
2x2x40 menit |
Buku teks, buku referensi, matras
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) |
Mengetahui, Kepala SMP/MTS ……………
(__________________________) NIP/NIK : .............................. |
|
…..,………………… 20 ……. Guru Mapel PJOK.
(_______________________) NIP/NIK : .............................. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikan senam dasar dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi* |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
3.1. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki, serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggungjawab
3.2. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki serta nilai disiplin, keberanian dan tanggungjawab |
Senam Dasar
Senam Dasar
|
· Berdiri dengan satu kaki (sikap melayang) dan untuk menanamkan nilai keberanian
· Melakukan sikap lilin, dan berdiri dengan dahi secara berpasangan atau kelompok untuk menanmkan nilai keberanian dan tanggung jawab |
Aspek Psikomotor · Berdiri dengan satu kaki (sikap melayang) Aspek Kognitif · Mengetahui bentu latihan sikap melayang, Aspek Afektif · Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab
Aspek Psikomotor · Melakukan sikap lilin · Berdiri dengan dahi Aspek Kognitif · Mengetahui bentu latihan,sikap lilin dan berdiri dengan dahi Aspek Afektif · Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab
|
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi rvasi
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observas
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi |
Lakukan berdiri dengan satu kaki (sikap melayang)
Diskripsikan gerakan belayang 9sikap kapal terbang)
Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab
Lakukan) sikap lilin, dan berdiri dengan dahi !
Posisi kedu telapak tangan dan dahi saat melakukan kopstand, adalah ..
Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab |
2x2x40 menit
2x2x40 menit
|
Buku teks, buku referensi, matras
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) |
Mengetahui, Kepala SMP/MTS ……………
(__________________________) NIP/NIK : .............................. |
|
…..,………………… 20 ……. Guru Mapel PJOK.
(_______________________) NIP/NIK : .............................. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi :4.Mempraktikan senam irama tanpa alat, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi* |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
4.1. Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama, serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan
4.2 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun satu lengan mengikuti irama, serta nilaii kedisiplinan, estetika, toleransi dan keluwesa |
Senam Irama Tanpa Alat
|
· Melakukan gerak langkah kaki biasa,rapat, keseimbangan,secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan
· Melakukan ayunan satu lengan depan ,belakang dan sam-ping secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan · Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badansecara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan |
Aspek Psikomotor · Melakukan teknik dasar langkah kaki biasa · Melakukan teknik dasar langkah kaki rapat · Melakukan teknik dasar langkah keseimbangan
· Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan depan, belakang dan samping · Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat
Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk teknik dasar langkah kaki biasa, rapat, keseimbangan dan teknik dasar ayunan satu lengan depan, belakang, samping serta ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badan
Aspek Afektif · Kedisiplinan, estetika, toleransi dan keluwesa
|
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi |
· Lakukan teknik dasar gerak langkah kaki biasa, rapat, keseimbangan,secara ! · Lakukan teknik dasar ayunan satu lengan depan ,belakang dan sam-ping ! · Lakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping, belakang dan sam-ping !
Gerakan lutut kaki yang benar setiap melakukan langkah kaki adalah ...
Kedisiplinan, estetika, toleransi dan keluwesa |
2x2x40 menit
|
Buku teks, buku referensi, matras, tape, kaset atau CD
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) |
Mengetahui, Kepala SMP/MTS ……………
(__________________________) NIP/NIK : .............................. |
|
…..,………………… 20 ……. Guru Mapel PJOK.
(_______________________) NIP/NIK : .............................. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 5. Mempraktikan teknik dasar renang gaya dada,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi* |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
5.1.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2.Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki, gerakan lengan dan pernapasan gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan |
Renang gaya dada
|
· Melakukan gerakan kaki renang gaya dada secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan gerakan lengan renang gaya dada secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan gerakan kaki,lengan dan pernafasan secara berpasangan atau kelompok |
Aspek Psikomotor · Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada · Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada · Melakukan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan
Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk teknik dasar gerakan, lengan dan pernafasan
Aspek Afektif · Disiplin, keberanian dan kebersihan |
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar gerakan kaki,lengan dan pernafasan renang gaya dada !
Posisi badan yang benar saat melakukan renang gaya dada adalah ... a telungkup b telentang c miring d membulat
Disiplin, keberanian dan kebersihan
|
2x2x40 menit
|
Buku teks, buku referensi, kolam renang
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) |
Mengetahui, Kepala SMP/MTS ……………
(__________________________) NIP/NIK : .............................. |
|
…..,………………… 20 ……. Guru Mapel PJOK.
(_______________________) NIP/NIK : .............................. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi: 6. Mempraktikan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan di lingkungan sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya ***)
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi* |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
6.1. Mempraktikkan pemilihan tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan, mempraktekkan teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan secara beregu, serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa
6.2.Mempraktikkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa
|
Pendidikan luar kelas |
· Melakukan identifikasi tempat untuk mendirikan tenda perke mahan secara kelompok atau regu
· Melakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet,iris,memar, dan tusuk secara berpasangan atau kelompo |
Aspek Psikomotor · Melakukan identifikasi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan · Melakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Aspek Kognitif · Mengetahui bentuk identifikasi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan dan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Aspek Afektif
· Kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa
|
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
· Lakukan identifikasi lapangan atau tempat mendirikan tenda untuk perkemahan ! · Lakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk !
Salah satu bentuk identifikasi yang tepat untuk tempat mendirikan tenda adalah ...
Kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa
|
2x2x40 menit
|
Buku teks, buku referensi, peralatan P3K dan lingkungan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) |
Mengetahui, Kepala SMP/MTS ……………
(__________________________) NIP/NIK : .............................. |
|
…..,………………… 20 ……. Guru Mapel PJOK.
(_______________________) NIP/NIK : .............................. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi: 7.Menerapkan budaya hidup sehat
|
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi* |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|||||
|
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|||||||||
|
7.1.Memahami pola makan sehat
7.2.Memahami perlunya keseimbangan gizi |
Kesehatan |
· Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi serta mengan dung unsur zat gizi
· Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi sesuai deng an kebutuhan tubuh
|
Aspek Psikomotor § Unsur-unsur makanan sehat · Manfaat makanan sehat
Aspek Kognitif · Mengetahui identifikasi makanan yang dikonsumsi serta mengan dung unsur zat gizi dan identifikasi makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh Aspek Afektif · Kerjasama, tanggungjawab dan kebersihan
|
Tes praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan identifikasi maakanan apasaja yang mengandung unsur gizi dan yang dapat dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh !
Unsur zat makanan yang mengandung karbohidrat, adalah ... a. roti b. tomat c. wortel d. bayam
Kerjasama, tanggungjawab dan kebersihan
|
1x2x40 menit |
Buku teks, buku refe - rensi,ruang boga |
|||
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) |
|||||||||||
Mengetahui, Kepala SMP/MTS ……………
(__________________________) NIP/NIK : .............................. |
|
…..,………………… 20 ……. Guru Mapel PJOK.
(_______________________) NIP/NIK : .............................. |
|
|||||||||