Rabu, 04 November 2015

SILABUS PJOK SMP/MTS Kls VII Smt 2

SALAM OLAHRAGA, sEMOGA BERKENAN!!

 

SILABUS pembelajaran



Sekolah : ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 8. Mempraktikan teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

8.1      Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)



























































































8.2    Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola keci lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)

































































































8.3    Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar atletik serta nilai toleransi,

percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)

















































































8.4    Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olah raga beladiri lanjutan dengan dengan koordinasi baik serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri

Sepak Bola





































Bola Voli


































Bola Basket


































Bulu Tangkis


























Tenis
Meja


























Tenis
























Soft Ball
































Lari Jarak Pendek 50M




























Tolak Peluru Awalan Menyamping































Lompat Jauh Gaya Jongkok





























Pencak Silat































Karate





















Judo





·   Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi























·   Melakukan passing atas dan bawah secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan servis bawah dan smash tanpa awalan secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk me nanamkan nilai kerja sama dan keberanian

















·   Melakukanmenggiring, passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala) secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk siksp menghargai lawan















·   Melakukan pegangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi















·   Memegang bat servis dan pukulan backhand secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang

dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian dan kerja sama













·   Memegang raket dan pukulan backhand secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikas untuk me nanamkan nilai keberanian dan kerja sama











·   Memgang stick dan memukul (swing dan bunch) secara berkelompok
·   Melakukan variasi teknik dasar berpasangan atau kelompok
·   Bermaindengan peraturan yang dimodifikasi





















·   Melakukanteknik start jongkok, lari, finish secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan variasi teknik dasar start jongkok, lari, finish secara

berpasangan atau kelompok
·   Melakukan lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai di- siplin dan percaya di- ri














·   Melakukan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kebe ranian dan percaya diri
















·   Melakukan teknik dasar awalan, meno- lak, posisi di udara, dan mendarat cara ber- pasangan atau kelom- pok
·   Melakukan variasi teknik dasar cara ber pasangan atau kelompok
·   Melakukan lomba lompat jauh gaya jongkok dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kebe ranian dan percaya diri













·   Melakukan teknik dasar tenendang (depan, belakang, samping, busur depan dan belakang) secara ber- pasangan atau kelompok
·   Melakukan teknik dasar pukulan (depan, bawah, atas, samping) secara berpasangan atau kelompok




















·   Melakukan teknik dasar tendangan secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan teknik dasar pukulan secara berpasangan atau kelompok














·   Melakukan teknik dasar bantingan secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan teknik dasar kuncian secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok

Aspek Psikomotor
·   Mengumpan, menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak



Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan



Aspek Psikomotor
·   Melakukan passaing atas dan bawah (penguatan)
·   Melakukan servis bawah dan smash tanpa awalan
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah, servis bawah dan smash tanpa awalan

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan





Aspek Psikomotor
·   Melakukan menggiring, passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan)
·   Melakukan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan) dan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Aspek Psikomotor
·   Memegang raket untuk servis dan pukulan backhand
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan



Aspek Psikomotor
·   Memegang bat servis dan pukulan backhand
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Aspek Psikomotor
·   Memegang raket dan pukulan backhand
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikas

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , dan pukulan backhand

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan



Aspek Psikomotor
·   Memgang stick dan memukul (swing dan bunch)
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan stick , dan pukulan (swing dan bunch)

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan








Aspek Psikomotor
·   Melakukanteknik start jongkok, lari, finish
·   Melakukan variasi teknik dasar start jongkok, lari, finish

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar start jongkok, lari, finish

Aspek Afektif
·   Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan







Aspek Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
·   Melakukan variasi teknik dasar memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
·   Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak

Aspek Afektif
·   Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Aspek Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara, dan mendarat
·   Melakukan variasi teknik dasar awalan, meno lak, posisi di udara, dan mendarat
·   Melakukan lomba lompat jauh gaya jongkok dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara, dan mendarat

Aspek Afektif
·   Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Aspek Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang (depan, belakang, samping, busur depan dan belakang)
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pukulan (depan, bawah, atas, samping)

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar menendang (depan, belakang, samping, busur depan dan belakang) dan pukulan (depan, bawah, atas, samping)

Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri


Aspek Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar tendangan dan pukulan

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar tendangan dan pukulan

Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri


Aspek Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar bantingan
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar kuncian

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar bantingan dan kuncian


Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri



Tes praktik
(Kinerja)












Tes tertulis












Tes
observasi








Tes praktik
(Kinerja)












Tes tertulis













Tes
observasi rvasi




Tes praktik
(Kinerja)












Tes tertulis









Tes
observasi rvasi








Tes praktik
(Kinerja)








Tes tertulis









Tes
observasi





Tes praktik
(Kinerja)








Tes tertulis









Tes
observasi






Tes praktik
(Kinerja)





Tes tertulis








Tes
observasi







Tes praktik
(Kinerja)









Tes tertulis











Tes
observasi









Tes praktik
(Kinerja)





Tes tertulis











Tes
observasi







Tes praktik
(Kinerja)















Tes tertulis








Tes
observasi







Tes praktik
(Kinerja)













Tes tertulis






Tes
observasi







Tes praktik
(Kinerja)











Tes tertulis










Tes
observasi







Tes praktik
(Kinerja)




Tes tertulis





Tes
observasi







Tes praktik
(Kinerja)







Tes tertulis







Tes
observasi




Tes Contoh Kinerja












Pilihan ganda/uraian singkat










Lembar observasi








Tes Contoh Kinerja












Pilihan ganda/uraian singkat











Lembar observasi





Tes Contoh Kinerja












Pilihan ganda/uraian singkat







Lembar observasi









Tes Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat







Lembar observasi





Tes Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat







Lembar observasi






Tes Contoh Kinerja





Pilihan ganda/uraian singkat






Lembar observasi







Tes Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat










Lembar observasi








Tes Contoh Kinerja





Pilihan ganda/uraian singkat









Lembar observas







Tes Contoh Kinerja















Pilihan ganda/uraian singkat






Lembar observasi







Tes Contoh Kinerja












Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar observasi








Tes Contoh Kinerja










Pilihan ganda/uraian singkat









Lembar observasi







Tes Contoh Kinerja




Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar observasi







Tes Contoh Kinerja







Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar observasi

Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki !






Posisi telapak kaki yang benar saat menahan bola dengan telapak kaki, adalah ...
a.        menghadap arah bola
b.       menyamping arah bola
c.        memutar arah bola
d.       membelakangi arah bola
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan




Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasa
(passing, servis ,smash tan- pa awalan) !








Posisi telapak tangan yang benar saat melakukan servis bawah, adalah ...
a.        menghadap arah bola
b.       menyamping arah bola
c.        memutar arah bola
d.       membelakangi arah bola
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar (passing bola dari dada, pantul dan atas kepala, shooting satu tangan dari depan dada dan lay-up shoot)






Posisi lengan yang benar setelah melakukan passing, adalah ...
a.lurus
b.      menyilang
c.memutar
d.      meneukuk


Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia






Lakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar pegengan raket dan pukulan servis dan backhand !




Bentuk gerakan lengan yang benar saat melakukan servis backhand, adalah ...
a.memukul
b.      mendorong
c.memutar
d.      meneukuk

Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pegangan bat pukul an servis dan back hand !





Bentuk gerakan lengan yang benar saat melakukan servis

backhand, adalah ...
a.      mengayun
b.      mendorong
c.      memutar
d.      meneukuk
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pegangan raket pukulan servis dan back hand !


Posisi awal raket yang benar sebelum memukul bola dengan teknik pukulan backhand, adalah ...




Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan



Lakukan vriasi dan kombinasi teknik dasar pegangan stick pukulan swing dan bunch !






Posisi badan yang benar saat melakukan pukulan bunch, adalah ...
a.menghadap arah bola
b. membelakangi arah bola
c.menyamping arah bola
d. memutar arah bola

Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan




Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar start jongkok, lari, finish !



Posisi badan yang benar saat melakukan lari jarak pendek, adalah ...
a.condong ke depan
b. membungkuk ke depan
c.melenting ke belakang
d. miring ke samping

Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Lakukan variasidan kombinas teknik dasar posisi awalan, Lakukan memegang
peluru, meletakan peluru dan menolak !










Cara meletekan peluru yang benar adalah ....







Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan



Lakukan variasi teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara, dan mendarat !









Cara melakukan awalan lompat jauh dilakukan dengan ...




Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan




Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar tenendang dan pukulan !








Posisi lutut kaki yang benar saat melakukan tendangan, adalah .. .









Keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri




Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pukulan dan tendangan !


Posisi lutut kaki yang benar saat melakukan tendangan, adalah .. .



Keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri




Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
bantingan dan kuncian !



Posisi badan yang benar saat akan melakukan teknik bantingan adalah ....




Keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri

3x2x40
menit




































3x2x40
menit

































3x2x40
menit

































2x2x40
menit

























2x2x40
menit


























2x2x40
menit























2x2x40
menit
































2x2x40
menit

























2x2x40
menit

































2x2x40
menit





























2x2x40
menit































2x2x40
menit



















2x2x40
menit


Buku teks,
Buku refernsi, bola kaki, lapangan sepakbola
.































Buku teks,
Buku refernsi,
Bolavoli,net, lapangan bolavoli





























Buku teks,
Buku refernsi,
Bolabasket, lapangan bolabasket





























Buku teks,
buku refernsi,bulu-tangkis, net, raket, sutlecokc, lapangan bulutangkis.



















Buku teks,
buku refernsi, bad, bola pingpong, meja pingpong, net




















Buku teks,
buku refernsi, raket tenis, bola tenis, net, lapangan tenis


















Buku teks,
buku refernsi, stick, bola softball, glove




























Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
start block, bendera
stop watch





















Buku teks,
buku refernsi, bak lompat, bendera






























Buku teks,
buku refernsi, bak lompat, bendera


























Buku teks,
buku refernsi,
lapangan, pelindung
badan,
matras


























Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras














Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras










v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

 



Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................

SILABUS pembelajaran



Sekolah : ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua)

Standar Kompetensi: 9. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1.Mempraktikkan jenis latihan untuk kelentukan dan keseimbangan serta nilai disiplin dan tanggungjawab
Kebugaran jasmani
·   Melakukan latihan kelentukan pi- nggang,punggung,lutut,leher dan lengan berpasangan atau kelompok
·   Melakukan latihan keseimbangan berdiri dengan satu kaki,sikap melayang berjalan pada garis lurus sambil jinjit berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai disiplin
Aspek Psikomotor
·   Melakukan latihan kelentukan (pinggang, punggung, lutut, leher dan lengan)
·   Melakukan latihan keseimbangan (berdiri dengan satu kaki, sikap melayang, berjalan pada garis lurus sambil berjalan jin-jit)

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan kelentukan (pinggang, punggung, lutut, leher dan lengan), dan keseimbangan (berdiri dengan satu kaki, sikap melayang, berjalan pada garis lurus sambil berjalan jin-jit)
Aspek Afektif
·   Disiplin dan tanggung jawab

Tes praktik
(Kinerja)





Tes tertulis




Tes
observasi
Tes Contoh Kinerja




Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar observasi
Lakukan bentuk latihan kelentukan,dan keseimbang an !

Posisi badan, kaki dan kepala yang benar saat melakukan sikap melayang adalah ....


Disiplin dan tanggung jawab
2x2x40
menit



Buku teks, buku referensi,matras,tiangbendera,bangku senam,ban , bola


9.2.Mempraktikkan jenis latihan kecepatan dan kelincahan serta nilai disiplin dan tanggungjawab












·   Latihan kelincahan (melompat-lompat melewati bangku bola/bangku senam, berlari melewati lingkaran/ban dan berlari zig-zag) berpasangan atau kelompok
·   Latihan kecepatan (lari shutle-run/lari bolak-balik dan lari estafet berkelompok berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai disiplin


Aspek Psikomotor
·   Melakukan latihan kelincahan (melompat-lompat melewati bangku bola/bangku senam, berlari melewati lingkaran/ban dan berlari zig-zag)
·   Melakukan latihan kecepatan (lari shutle-run/lari bolak-balik dan lari estafet berkelompok

Aspek Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan kelincahan (melompat-lompat melewati bangku bola/bangku senam, berlari melewati lingkaran/ban dan berlari zig-zag), dan latihan kecepatan (lari shutle-run/lari bolak-balik dan lari estafet berkelompok

Aspek Afektif
·   Disiplin dan tanggung jawab


Tes praktik
(Kinerja)


Tes tertulis








Tes
observasi


Tes Contoh Kinerja


Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar observasi


Lakukan bentuk latihan kelincahan dan kecepatan !

Bentuk latihan kelincahan yang benar, adalah lari ...
a.zig-zag
b.        cepat
c.jogging
d.        jarak jauh

Disiplin dan tanggung jawab





Buku teks, buku referensi,matras,tiangbendera,bangku senam,ban , bola

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................

SILABUS pembelajaran



Sekolah : ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi: 10. Mempraktikan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

10.1. Mempraktikan teknik dasar gerak guling depan serta nilai kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab

Uji Diri

·         Melakukan berguling ke depan dengan membulatkan badan, berguling ke depan dari posisi jongkok dan berdiri berpasangan atau berkelompok untuk penanaman nilai keberanian


Aspek Psikomotor
·         Melakukan teknik dasar berguling ke depan dengan membulatkan badan dari posisi duduk
·         Melakukan teknik dasar berguling ke depan dari posisi jongkok
·         Melakukan teknik dasar berguling ke depan dari posisi berdi

Aspek Kognitif
·         Mengetahui bentuk latihan teknik dasar berguling ke depan dari posisi duduk, jongkok dan berdiri
Aspek Afektif
·    Kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab

Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis





Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja



Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar observasi

Lakukan guling depan dari posisi jongkok dan berdiri !

Posisi badan yang benar saat berguling ke depan, adalah ...


Kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab

2x2x40
menit

Buku teks, buku refe – rensi,mat- ras

10.2.Mempraktikkan teknik dasar guling belakang serta nilai disiplin, keberanian dan tanggungjawab

Uji Diri


·         Melakukan berguling ke belakang dengan membulatkan badan,ber- guling ke belakang dari posisi jongkok dan berdiri berpasangan atau kelompok untuk penanaman nilai keberanian

Aspek Psikomotor
·    Melakukan teknik dasar berguling ke belakang dengan membulatkan badan dari posisi duduk
·    Melakukan teknik dasar berguling ke belakang dari posisi jongkok
·    Melakukan teknik dasar berguling ke
belakang dari posisi berdiri

Aspek Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan teknik dasar berguling ke depan dari posisi duduk, jongkok dan berdiri
Aspek Afektif
·    Kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab


Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis






Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja



Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar observasi
Lakukan guling belakang dari posisi jongkok dan berdiri !

Posisi awal badan yang benar untu melakukan guling belakang, adalah .....


Kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab




Buku teks, buku refe rensi,mat- ras
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................


SILABUS pembelajaran



Sekolah : ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi: 11. Mempraktikkan senam irama tanpa alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

11.1.Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun dua lengan mengikuti irama, serta nilai-nilai disiplin, estetika toleransi dan keluwesan


Senam Irama Tanpa Alat

·         Melakukan gerak mengayun dua lengan depan belakang,samping dan ayunan dua lengan ke samping diikuti berat badan, berpasasangan atau kelompok,untuk menanamkan nilai disiplin

Aspek Psikomotor
·    Melakukan teknik dasar mengayun dua lengan depan belakang, ayunan dua lengan ke samping, ayunan dua lengan ke samping diikuti berat badan dipindahkan

Aspek Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan teknik dasar mengayun dua lengan depan belakang, ayunan dua lengan ke samping dan ayunan dua lengan ke samping diikuti berat badan dipindahkan

Aspek Afektif
·    Disiplin, estetika toleransi dan keluwesan



Tes praktik
(Kinerja)






Tes tertulis




Tes
observasi


Tes Contoh Kinerja






Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar observasi

Lakukan teknik dasar gerak mengayun dua lengan depan belakang, samping dan ayunan dua lengan ke samping diikuti berat badan !


Gerakan lutut yang benar saat melakukan mengayun lengan, adalah ....
Disiplin, estetika toleransi dan keluwesan


2x2x40
menit


Buku teks, buku refe –rensi, kaset, tape


11.2.Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat dengan melangkah dan mengayun lengan, serta disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan


Senam Irama Tanpa Alat

·    Melakukan gerak langkah biasa ayunan satu lengan depan bela- kang,langkah mundur maju ayu- nan dan putaran dua lengan,langkah ke samping kiri dan kanan dengan ayunan dan putaran dua lengan,berpasangan atau kelom pok,untu menanamkan nilai disiplin

Aspek Psikomotor
· Melakukan gerak langkah biasa ayunan satu lengan depan belakang,langkah mundur maju ayu nan dan putaran dua lengan,langkah ke samping kiri dan kanan dengan ayunan dan putaran dua lengan
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan teknik dasar gerak langkah biasa ayunan satu lengan depan belakang,langkah mundur maju ayu nan dan putaran dua lengan,langkah ke samping kiri dan kanan dengan ayunan dan putaran dua lengan
Aspek Afektif
· Disiplin, estetika toleransi dan keluwesan


Tes praktik
(Kinerja)




Tes tertulis




Tes
observasi


Tes Contoh Kinerja




Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar observasi

Lakukan teknik dasar gerak langkah biasa ayunan satu lengan depan bela kang, langkah mundur maju ayunan dan putaran dua lengan, langkah ke samping kiri dan kanan dengan ayunan dan putaran dua lengan !

Disiplin, estetika toleransi dan keluwesan



Buku teks, buku refe rensi,mat- ras
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................

SILABUS pembelajaran



Sekolah : ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi: 12. Memparaktikkan teknik dasar renang gaya dada, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

12.1.Mempraktikkan koordinasi teknik dasar gerakan kaki dan lengan renang gaya dada serta nilai-nilai disiplin, keberanian dan















12.2.Mempraktikkan koordinasi teknik dasar lengan dan pernapasan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
kebersihan

12.3.Mempraktikkan koordinasi teknik dasar renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan


Renang Gaya Dada

·      Melakukan koordinasi gerakan kaki ,lengan renang ga ya dada yang diawali meluncur dari pinggir kolam,dilakukan berpasangan atau kelompok, untuk menanamkan nilai disiplin,kebera nian dan
·      Melakukan koordinasi gerakan lengan dan pernafasan renang ga ya dada yang diawali meluncur dari pinggir kolam,dilakukan berpasangan atau kelompok, untuk menanamkan nilai disiplin,kebera nian dan kebersihankebersihan
·      Melakukan koordinasi teknik dasat renang gaya dada diawali meluncur dari pinggir kolam,dilakukan berpasangan atau kelompok, untuk menanamkan nilai disiplin,kebera nian dan kebersihan

Aspek Psikomotor
·      Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan kaki dan lengan renang gaya dada diawali meluncur dari pinggir kolam
·      Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan lengan dan pernapasan renang gaya dada diawali meluncur dari pinggir kolam
·      Melakukan koordinasi teknik dasar renang gaya dada, kaki, lengan dan pernapasan diawali meluncur dari pinggir kolam
Aspek Kognitif
·      Mengetahui bentuk latihan koordinasi teknik dasar gerak kaki, lengan dan pernafasan renang gaya



Aspek Afektif
·      Disiplin, keberanian dan kebersihan


Tes praktik
(Kinerja)




















Tes tertulis











Tes
observasi


Tes Contoh Kinerja




















Pilihan ganda/uraian singkat









Lembar observasi

·   Lakukan koordinasi teknik dari pinggir kolam dasar gerakan kaki dan lengan renang gaya dada diawali meluncur!
·   Lakukan koordinasi teknik dasar gerakan lengan dan pernapasan renang gaya dada diawali meluncur dari pinggir kolam !
·   Lakukan koordinasi teknik dasar renang gaya dada, kaki, lengan dan pernafasan diawali meluncur dari pinggir kolam !


Posisi badan yang benar saat renang gaya dada, adalah ...









Disiplin, keberanian dan kebersihan
2x2x40
menit


Buku teks, buku refe- rensi,pakai an renang, kolam ren-ang

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................



SILABUS pembelajaran



Sekolah : ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi: 13. Menerapkan budaya hidup sehat.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

13.1 Memahami berbagai penyakit menular seksual (PMS)

13.2 Memahami cara menghidari Penyakit Menular Seksual (PMS)

Kesehatan

·   Melakukan idetifikasi penyakit menular seksual secara berpasangan atau kelompok

·   Melakukan pencegahan pe-nyakit menular seksual



Aspek Psikomotor
·   Melakukan idetifikasi penyakit menular seksual
·   Cara pencegahan

Aspek Kognitif
·   Mengetahui idetifikasi penyakit menular seksual dan cara pencegahan

Aspek Afektif
·   Kerja sama dan kebersihan

Tes praktik
(Kinerja)







Tes tertulis





Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja







Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar observasi

Lakukan identifikasi jenis penyakit,cara penu laran,masa tunas !
Lakukan cara pencegahan
penyakit menular seksual !

Cara pencegahan yang sangat efektif agar tidak tertular penyakit seksual, adalah .....

Kerja sama dan kebersihan

1x2x40
menit

Buku teks, bukurefe – rensi,ling- kungan
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar