SALAM OLAHRAGA, sEMOGA BERKENAN!!
SILABUS pembelajaran
Sekolah :
..............................
Kelas :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi : 8. Mempraktikan teknik dasar permainan dan
olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu
bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan **)
8.2 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu
bola keci lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan **)
8.3 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar atletik serta nilai toleransi,
percaya diri, keberanian,
menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan
peralatan **)
8.4 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olah raga beladiri lanjutan
dengan dengan koordinasi baik serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya
diri
|
Sepak
Bola
Bola
Voli
Bola
Basket
Bulu Tangkis
Tenis
Meja
Tenis
Soft Ball
Lari
Jarak Pendek 50M
Tolak
Peluru Awalan Menyamping
Lompat
Jauh Gaya Jongkok
Pencak
Silat
Karate
Judo
|
· Mengumpan,menggiring
dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan
dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
· Melakukan
passing atas dan bawah secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan
servis bawah dan smash tanpa awalan secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan
variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
· Bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi untuk me nanamkan nilai kerja sama dan
keberanian
· Melakukanmenggiring,
passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala) secara berpasangan atau
kelompok
· Melakukan
shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot secara berpasangan
atau kelompok
· Melakukan
variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
· Bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk siksp menghargai lawan
· Melakukan
pegangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand secara berpasangan atau
kelompok
· Melakukan
variasi teknik dasar
· Bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja
sama dan toleransi
· Memegang
bat servis dan pukulan backhand secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan
variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
· Bermain
dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk
menanamkan nilai keberanian dan kerja sama
· Memegang
raket dan pukulan backhand secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan
variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
· Bermain
dengan peraturan yang dimodifikas untuk me nanamkan nilai keberanian dan
kerja sama
· Memgang
stick dan memukul (swing dan bunch) secara berkelompok
· Melakukan
variasi teknik dasar berpasangan atau kelompok
· Bermaindengan
peraturan yang dimodifikasi
· Melakukanteknik
start jongkok, lari, finish secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan
variasi teknik dasar start jongkok, lari, finish secara
berpasangan atau kelompok
· Melakukan
lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai di-
siplin dan percaya di- ri
· Melakukan
teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan
variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan
lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai
kebe ranian dan percaya diri
· Melakukan
teknik dasar awalan, meno- lak, posisi di udara, dan mendarat cara ber-
pasangan atau kelom- pok
· Melakukan
variasi teknik dasar cara ber pasangan atau kelompok
· Melakukan
lomba lompat jauh gaya jongkok dengan peraturan yang dimodifikasi untuk
menanamkan nilai kebe ranian dan percaya diri
· Melakukan
teknik dasar tenendang (depan, belakang, samping, busur depan dan belakang)
secara ber- pasangan atau kelompok
· Melakukan
teknik dasar pukulan (depan, bawah, atas, samping) secara berpasangan atau
kelompok
· Melakukan
teknik dasar tendangan secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan
teknik dasar pukulan secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan
teknik dasar bantingan secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan
teknik dasar kuncian secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan
variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
|
Aspek Psikomotor
· Mengumpan,
menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta
serta menahan dengan telapak kaki
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar mengumpan,menggiring dan menahan
bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak
Aspek
Afektif
· Kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan
passaing atas dan bawah (penguatan)
· Melakukan
servis bawah dan smash tanpa awalan
· Melakukan
variasi teknik dasar
· Bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah, servis
bawah dan smash tanpa awalan
Aspek
Afektif
· Kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan
menggiring, passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan)
· Melakukan
shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul, dari atas
kepala (penguatan) dan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot
Aspek
Afektif
· Kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Memegang
raket untuk servis dan pukulan backhand
· Melakukan
variasi teknik dasar
· Bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan
pukulan backhand
Aspek
Afektif
· Kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Memegang
bat servis dan pukulan backhand
· Melakukan
variasi teknik dasar
· Bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan
pukulan backhand
Aspek
Afektif
· Kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Memegang
raket dan pukulan backhand
· Melakukan
variasi teknik dasar
· Bermain
dengan peraturan yang dimodifikas
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , dan pukulan
backhand
Aspek
Afektif
· Kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Memgang
stick dan memukul (swing dan bunch)
· Melakukan
variasi teknik dasar
· Bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan stick , dan pukulan (swing
dan bunch)
Aspek
Afektif
· Kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukanteknik
start jongkok, lari, finish
· Melakukan
variasi teknik dasar start jongkok, lari, finish
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar start jongkok, lari, finish
Aspek
Afektif
· Toleransi,
percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia
berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan
teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
· Melakukan
variasi teknik dasar memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
· Melakukan
lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar posisi awalan, memegang peluru,
meletakan peluru dan menolak
Aspek
Afektif
· Toleransi,
percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia
berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan
teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara, dan mendarat
· Melakukan
variasi teknik dasar awalan, meno lak, posisi di udara, dan mendarat
· Melakukan
lomba lompat jauh gaya jongkok dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara,
dan mendarat
Aspek
Afektif
· Toleransi,
percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia
berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar menendang (depan, belakang, samping, busur
depan dan belakang)
· Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar pukulan (depan, bawah, atas, samping)
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar menendang (depan, belakang,
samping, busur depan dan belakang) dan pukulan (depan, bawah, atas, samping)
Aspek
Afektif
· Keberanian,
kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri
Aspek Psikomotor
· Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar tendangan dan pukulan
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar tendangan dan pukulan
Aspek
Afektif
· Keberanian,
kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri
Aspek Psikomotor
· Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar bantingan
· Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar kuncian
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar bantingan dan kuncian
Aspek
Afektif
· Keberanian,
kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
rvasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
rvasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
|
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observas
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
|
Lakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan
kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki !
Posisi telapak kaki yang
benar saat menahan bola dengan telapak kaki, adalah ...
a.
menghadap arah bola
b. menyamping
arah bola
c.
memutar arah bola
d. membelakangi
arah bola
Kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan
Lakukan variasi dan
kombinasi teknik dasa
(passing, servis ,smash
tan- pa awalan) !
Posisi telapak tangan yang
benar saat melakukan servis bawah, adalah ...
a.
menghadap arah bola
b. menyamping
arah bola
c.
memutar arah bola
d. membelakangi
arah bola
Kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan
Lakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar (passing bola dari dada, pantul dan atas kepala,
shooting satu tangan dari depan dada dan lay-up shoot)
Posisi lengan yang benar
setelah melakukan passing, adalah ...
a.lurus
b. menyilang
c.memutar
d. meneukuk
Kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
Lakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar
pegengan raket dan pukulan servis dan backhand !
Bentuk gerakan lengan yang
benar saat melakukan servis backhand, adalah ...
a.memukul
b. mendorong
c.memutar
d. meneukuk
Kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan
Lakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar pegangan bat pukul an servis dan back hand !
Bentuk gerakan lengan yang
benar saat melakukan servis
backhand, adalah ...
a. mengayun
b. mendorong
c. memutar
d. meneukuk
Kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan
Lakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar pegangan raket pukulan servis dan back hand !
Posisi awal raket yang
benar sebelum memukul bola dengan teknik pukulan backhand, adalah ...
Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Lakukan vriasi dan
kombinasi teknik dasar pegangan stick pukulan swing dan bunch !
Posisi badan yang benar
saat melakukan pukulan bunch, adalah ...
a.menghadap
arah bola
b. membelakangi arah
bola
c.menyamping
arah bola
d. memutar arah bola
Kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan
Lakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar start jongkok, lari, finish !
Posisi badan yang benar
saat melakukan lari jarak pendek, adalah ...
a.condong
ke depan
b. membungkuk ke depan
c.melenting
ke belakang
d. miring ke samping
Toleransi, percaya diri,
keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat
dan peralatan
Lakukan variasidan kombinas
teknik dasar posisi awalan, Lakukan memegang
peluru, meletakan peluru
dan menolak !
Cara
meletekan peluru yang benar adalah ....
Toleransi, percaya diri,
keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat
dan peralatan
Lakukan variasi teknik
dasar awalan, menolak, posisi di udara, dan mendarat !
Cara melakukan awalan
lompat jauh dilakukan dengan ...
Toleransi, percaya diri,
keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat
dan peralatan
Lakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar tenendang dan pukulan !
Posisi lutut kaki yang
benar saat melakukan tendangan, adalah .. .
Keberanian, kejujuran,
menghormati
lawan dan percaya diri
Lakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar pukulan dan tendangan !
Posisi lutut kaki yang
benar saat melakukan tendangan, adalah .. .
Keberanian, kejujuran,
menghormati
lawan dan percaya diri
Lakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar
bantingan dan
kuncian !
Posisi badan yang
benar saat akan melakukan teknik bantingan adalah ....
Keberanian, kejujuran,
menghormati
lawan dan percaya diri
|
3x2x40
menit
3x2x40
menit
3x2x40
menit
2x2x40
menit
2x2x40
menit
2x2x40
menit
2x2x40
menit
2x2x40
menit
2x2x40
menit
2x2x40
menit
2x2x40
menit
2x2x40
menit
2x2x40
menit
|
Buku teks,
Buku refernsi, bola kaki, lapangan sepakbola
.
Buku teks,
Buku refernsi,
Bolavoli,net, lapangan bolavoli
Buku teks,
Buku refernsi,
Bolabasket, lapangan bolabasket
Buku teks,
buku refernsi,bulu-tangkis, net, raket, sutlecokc, lapangan
bulutangkis.
Buku teks,
buku refernsi, bad, bola pingpong, meja pingpong, net
Buku teks,
buku refernsi, raket tenis, bola tenis, net, lapangan tenis
Buku teks,
buku refernsi, stick, bola softball, glove
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
start block, bendera
stop watch
Buku teks,
buku refernsi, bak lompat, bendera
Buku teks,
buku refernsi, bak lompat, bendera
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan, pelindung
badan,
matras
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah :
..............................
Kelas :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi: 9. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1.Mempraktikkan jenis latihan untuk kelentukan dan
keseimbangan serta nilai disiplin dan tanggungjawab
|
Kebugaran jasmani
|
· Melakukan
latihan kelentukan pi- nggang,punggung,lutut,leher dan lengan berpasangan
atau kelompok
· Melakukan
latihan keseimbangan berdiri dengan satu kaki,sikap melayang berjalan pada
garis lurus sambil jinjit berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai
disiplin
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan
latihan kelentukan (pinggang, punggung, lutut, leher dan lengan)
· Melakukan
latihan keseimbangan (berdiri dengan satu kaki, sikap melayang, berjalan pada
garis lurus sambil berjalan jin-jit)
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk latihan kelentukan (pinggang, punggung, lutut, leher dan lengan), dan
keseimbangan (berdiri dengan satu kaki, sikap melayang, berjalan pada garis
lurus sambil berjalan jin-jit)
Aspek
Afektif
· Disiplin
dan tanggung jawab
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
|
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
|
Lakukan bentuk latihan
kelentukan,dan keseimbang an !
Posisi badan, kaki dan
kepala yang benar saat melakukan sikap melayang adalah ....
Disiplin
dan tanggung jawab
|
2x2x40
menit
|
Buku teks, buku
referensi,matras,tiangbendera,bangku senam,ban , bola
|
9.2.Mempraktikkan
jenis latihan kecepatan dan kelincahan serta nilai disiplin dan tanggungjawab
|
|
· Latihan
kelincahan (melompat-lompat melewati bangku bola/bangku senam, berlari
melewati lingkaran/ban dan berlari zig-zag) berpasangan atau kelompok
· Latihan
kecepatan (lari shutle-run/lari bolak-balik dan lari estafet berkelompok
berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai disiplin
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan
latihan kelincahan (melompat-lompat melewati bangku bola/bangku senam,
berlari melewati lingkaran/ban dan berlari zig-zag)
· Melakukan
latihan kecepatan (lari shutle-run/lari bolak-balik dan lari estafet
berkelompok
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk latihan kelincahan (melompat-lompat melewati bangku bola/bangku senam,
berlari melewati lingkaran/ban dan berlari zig-zag), dan latihan kecepatan
(lari shutle-run/lari bolak-balik dan lari estafet berkelompok
Aspek
Afektif
· Disiplin
dan tanggung jawab
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
|
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
|
Lakukan bentuk latihan
kelincahan dan kecepatan !
Bentuk latihan
kelincahan yang benar, adalah lari ...
a.zig-zag
b.
cepat
c.jogging
d.
jarak jauh
Disiplin dan tanggung jawab
|
|
Buku teks, buku
referensi,matras,tiangbendera,bangku senam,ban , bola
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah :
..............................
Kelas :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi: 10. Mempraktikan teknik dasar senam
lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1. Mempraktikan teknik dasar gerak guling depan serta nilai
kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
|
Uji
Diri
|
·
Melakukan berguling ke depan dengan membulatkan badan,
berguling ke depan dari posisi jongkok dan berdiri berpasangan atau
berkelompok untuk penanaman nilai keberanian
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar berguling ke depan dengan membulatkan
badan dari posisi duduk
·
Melakukan teknik dasar berguling ke depan dari posisi jongkok
·
Melakukan teknik dasar berguling ke depan dari posisi berdi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan teknik dasar berguling ke depan dari
posisi duduk, jongkok dan berdiri
Aspek
Afektif
· Kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
|
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
|
Lakukan guling depan dari
posisi jongkok dan berdiri !
Posisi badan yang
benar saat berguling ke depan, adalah ...
Kedisiplinan,
keberanian, tanggung jawab
|
2x2x40
menit
|
Buku teks, buku refe – rensi,mat- ras
|
10.2.Mempraktikkan
teknik dasar guling belakang serta nilai disiplin, keberanian dan
tanggungjawab
|
Uji
Diri
|
·
Melakukan berguling ke belakang dengan membulatkan badan,ber-
guling ke belakang dari posisi jongkok dan berdiri berpasangan atau kelompok
untuk penanaman nilai keberanian
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan
teknik dasar berguling ke belakang dengan membulatkan badan dari posisi duduk
· Melakukan
teknik dasar berguling ke belakang dari posisi jongkok
· Melakukan
teknik dasar berguling ke
belakang dari posisi
berdiri
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk latihan teknik dasar berguling ke depan dari posisi duduk, jongkok dan
berdiri
Aspek
Afektif
· Kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
|
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
|
Lakukan
guling belakang dari posisi jongkok dan berdiri !
Posisi awal badan yang
benar untu melakukan guling belakang, adalah .....
Kedisiplinan,
keberanian, tanggung jawab
|
|
Buku teks, buku refe rensi,mat- ras
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah :
..............................
Kelas :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi: 11. Mempraktikkan senam irama
tanpa alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1.Mempraktikkan
teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun dua lengan mengikuti
irama, serta nilai-nilai disiplin, estetika toleransi dan keluwesan
|
Senam Irama Tanpa Alat
|
·
Melakukan gerak mengayun dua lengan depan belakang,samping
dan ayunan dua lengan ke samping diikuti berat badan, berpasasangan atau
kelompok,untuk menanamkan nilai disiplin
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan
teknik dasar mengayun dua lengan depan belakang, ayunan dua lengan ke
samping, ayunan dua lengan ke samping diikuti berat badan dipindahkan
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk latihan teknik dasar mengayun dua lengan depan belakang, ayunan dua
lengan ke samping dan ayunan dua lengan ke samping diikuti berat badan
dipindahkan
Aspek
Afektif
· Disiplin,
estetika toleransi dan keluwesan
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
|
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
|
Lakukan teknik dasar gerak
mengayun dua lengan depan belakang, samping dan ayunan dua lengan ke samping
diikuti berat badan !
Gerakan lutut yang
benar saat melakukan mengayun lengan, adalah ....
Disiplin, estetika
toleransi dan keluwesan
|
2x2x40
menit
|
Buku teks, buku refe –rensi, kaset, tape
|
11.2.Mempraktikkan
teknik dasar senam irama tanpa alat dengan melangkah dan mengayun lengan,
serta disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan
|
Senam Irama Tanpa Alat
|
· Melakukan
gerak langkah biasa ayunan satu lengan depan bela- kang,langkah mundur
maju ayu- nan dan putaran dua lengan,langkah ke samping kiri dan kanan
dengan ayunan dan putaran dua lengan,berpasangan atau kelom pok,untu
menanamkan nilai disiplin
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan gerak
langkah biasa ayunan satu lengan depan belakang,langkah mundur maju ayu nan
dan putaran dua lengan,langkah ke samping kiri dan kanan dengan ayunan dan
putaran dua lengan
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk
latihan teknik dasar gerak langkah biasa ayunan satu lengan depan
belakang,langkah mundur maju ayu nan dan putaran dua lengan,langkah ke
samping kiri dan kanan dengan ayunan dan putaran dua lengan
Aspek Afektif
· Disiplin, estetika
toleransi dan keluwesan
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
|
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
|
Lakukan teknik dasar gerak
langkah biasa ayunan satu lengan depan bela kang, langkah mundur maju
ayunan dan putaran dua lengan, langkah ke samping kiri dan kanan dengan
ayunan dan putaran dua lengan !
Disiplin, estetika
toleransi dan keluwesan
|
|
Buku teks, buku refe rensi,mat- ras
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah :
..............................
Kelas :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
Semester :
2 (Dua)
Standar
Kompetensi: 12. Memparaktikkan teknik dasar renang gaya dada, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1.Mempraktikkan
koordinasi teknik dasar gerakan kaki dan lengan renang gaya dada serta
nilai-nilai disiplin, keberanian dan
12.2.Mempraktikkan
koordinasi teknik dasar lengan dan pernapasan renang gaya dada serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
kebersihan
12.3.Mempraktikkan
koordinasi teknik dasar renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
Renang Gaya Dada
|
· Melakukan
koordinasi gerakan kaki ,lengan renang ga ya dada yang diawali
meluncur dari pinggir kolam,dilakukan berpasangan atau kelompok, untuk
menanamkan nilai disiplin,kebera nian dan
· Melakukan
koordinasi gerakan lengan dan pernafasan renang ga ya dada yang diawali
meluncur dari pinggir kolam,dilakukan berpasangan atau kelompok, untuk
menanamkan nilai disiplin,kebera nian dan kebersihankebersihan
· Melakukan
koordinasi teknik dasat renang gaya dada diawali meluncur dari pinggir
kolam,dilakukan berpasangan atau kelompok, untuk menanamkan nilai
disiplin,kebera nian dan kebersihan
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan
koordinasi teknik dasar gerakan kaki dan lengan renang gaya dada diawali
meluncur dari pinggir kolam
· Melakukan
koordinasi teknik dasar gerakan lengan dan pernapasan renang gaya dada
diawali meluncur dari pinggir kolam
· Melakukan
koordinasi teknik dasar renang gaya dada, kaki, lengan dan pernapasan diawali
meluncur dari pinggir kolam
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk latihan koordinasi teknik dasar gerak kaki, lengan dan pernafasan
renang gaya
Aspek Afektif
· Disiplin,
keberanian dan kebersihan
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
|
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
|
· Lakukan
koordinasi teknik dari pinggir kolam dasar gerakan kaki dan lengan renang
gaya dada diawali meluncur!
· Lakukan
koordinasi teknik dasar gerakan lengan dan pernapasan renang gaya dada
diawali meluncur dari pinggir kolam !
· Lakukan
koordinasi teknik dasar renang gaya dada, kaki, lengan dan pernafasan diawali
meluncur dari pinggir kolam !
Posisi badan yang benar
saat renang gaya dada, adalah ...
Disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
2x2x40
menit
|
Buku teks, buku refe- rensi,pakai an renang, kolam ren-ang
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah :
..............................
Kelas :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi: 13. Menerapkan budaya hidup sehat.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
13.1
Memahami berbagai penyakit menular seksual (PMS)
13.2
Memahami cara menghidari Penyakit Menular Seksual (PMS)
|
Kesehatan
|
· Melakukan
idetifikasi penyakit menular seksual secara berpasangan atau
kelompok
· Melakukan
pencegahan pe-nyakit menular seksual
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan
idetifikasi penyakit menular seksual
· Cara
pencegahan
Aspek Kognitif
· Mengetahui
idetifikasi penyakit menular seksual dan cara pencegahan
Aspek Afektif
· Kerja
sama dan kebersihan
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
|
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
|
Lakukan identifikasi
jenis penyakit,cara penu laran,masa tunas !
Lakukan cara
pencegahan
penyakit menular seksual !
Cara pencegahan yang
sangat efektif agar tidak tertular penyakit seksual, adalah .....
Kerja sama dan kebersihan
|
1x2x40
menit
|
Buku teks, bukurefe – rensi,ling- kungan
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar